Arpumiko’s Weblog

Semen Trass

Posted on: November 21, 2008

Semen yang dihasilkan dengan menggiling campuran antara 60 %– 80 % trass atau tanah yang berasal dari debu gunung berapi yang serupa dengan pozzolona dengan menambah CaSO4.

Pustaka:
(A) Anonim. 1980. Handout Kuliah Teknologi Semen. Jurusan Teknik Kimia, FTI-ITS.

4 Responses to "Semen Trass"

saya mau tanya tentang rumus kimia dari trass. Mohon bantuannya. Terimakasih

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas komentar dan kunjungan anda, rumus kimia dari trass itu banyak, karena kandungan bahan di dalam trass itu beragam, namun yang utama dari trass adalah kandungan Silika (biasanya berupa silika amorf) ; silika amorf adalah silika yang telah teraktivasi melalui pemanasan pada suhu tinggi. Silika yang terkandung di dalam trass itu menjadi aktif akibat pemanasan pada suhu tinggi pada waktu pembentukan trass di gunung berapi. Oleh karena itu, trass biasanya dijumpai di daerah sekitar gunung berapi. Demikian informasi dari saya, semoga bermanfaat.

Pagi Pak Arpumiko, saya punya lahan trass di Cilegon dgn kandungan utama sbb. :
1. Fe2O3 = 9,31%
2. Al2O3 = 19,59%
3. CaO = 7,88%
4. MgO = 2,73%
5. Na2O = 4,14%
6. SiO2 = 51,88%
Saya ingin memakai trass tsb untuk membuat bata ringan. Harapan saya karena kandungan trass ini hampir sama dg semen pozzolan, apakah saya bisa pergunakan untuk mengurangi porsi semen dalam pembuatan bata ringan dimaksud? Kalau bisa bagaimana caranya untuk mengetahui perbandingan semen dan trass tsb yang paling baik?
Untuk itu saya mengharapkan bantuan dan saran Bapak.Terima kasih.

Salam,

Prayogo S

Bapak Prayogo Sedjati yang saya hormati,

Sebelumnya saya mohon maaf atas keterlambatan saya membalas pertanyaan dari Bapak dikarenakan oleh kesibukan saya, sebelumnya saya mohon maaf sebenarnya saya kurang tahu persis apakah trass tersebut bisa mengurangi penggunaan semen dalam pembuatan bata ringan karena saya belum pernah melakukan penelitian tentang itu dan belum pernah membaca artikel / jurnal ilmiah tentang hal tersebut. Namun penelitian yang pernah saya lakukan adalah menggunakan bahan pozzolan (dalam hal ini fly ash) sebagai bahan aditif di cement mill pabrik semen. Hasil penelitian saya tersebut menunjukkan bahwasannya penggunaan bahan pozzolan yang paling baik adalah antara 6% – 12% dari total semen yang dihasilkan. Untuk membaca / mengunduh hasil penelitian saya tersebut, Bapak bisa meng-klik link berikut ini:

http://digilib.its.ac.id/ITS-Undergraduate-3100010039118/10540/studi-pengaruh-penambahan-slag-dan-fly-ash

Demikian yang bisa saya sampaian, tak lupa saya ucapkan terima kasih atas kunjungan dan komentarnya, semoga jawaban saya di atas bisa membantu Bapak.

Salam,
Aries Purijatmiko.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


  • arpumiko: Bapak Prayogo Sedjati yang saya hormati, Sebelumnya saya mohon maaf atas keterlambatan saya membalas pertanyaan dari Bapak dikarenakan oleh kesibukan
  • Prayogo Sedjati: Pagi Pak Arpumiko, saya punya lahan trass di Cilegon dgn kandungan utama sbb. : 1. Fe2O3 = 9,31% 2. Al2O3 = 19,59% 3. CaO = 7,
  • arpumiko: Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas komentar dan kunjungan anda, rumus kimia dari trass itu banyak, karena kandungan bahan di dalam trass itu be

Categories

%d bloggers like this: